Ahad 07 Jul 2024 20:51 WIB

Fokus Pariwisata, Belitung Bakal Tinggalkan Sektor Tambang

Menurut dia, sektor tambang adalah sektor yang tidak berkelanjutan.

Red: Ahmad Fikri Noor
Danau Kaolin di Pulau Belitung.
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawa
Danau Kaolin di Pulau Belitung.

ESGNOW.ID,  TANJUNG PANDAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), semakin memantapkan langkah untuk meninggalkan sektor tambang dan fokus mengembangkan sektor pariwisata sebagai lokomotif ekonomi baru masyarakat di daerah ini.

"Belitung sekarang sudah meninggalkan era tambang dan jangan lagi mengenang tambang, kami sudah fokus ke pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sekretaris Daerah Belitung MZ Hendra Caya, di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Ahad (7/7/2024).

Baca Juga

Menurut dia, sektor tambang adalah sektor yang tidak berkelanjutan, karena cadangan bijih timah di Pulau Belitung bisa habis jika ditambang secara terus-menerus, namun sektor pariwisata adalah sektor yang berkelanjutan dan tidak merusak alam.

"Maka kalau pemerintah daerah sudah menetapkan sektor pariwisata, sudahlah mari kita fokus mengembangkan pariwisata," ujarnya.

Meskipun demikian, ujar dia lagi, sektor pariwisata Belitung dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan karena dampak pandemi Covid-19.

"Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten Belitung terus mendorong pemulihan dan mengembalikan kejayaan pariwisata Belitung," katanya pula.

Hendra Caya menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah menggelar Belitung Expo 2024 dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-186 Kota Tanjung Pandan (HJKT).

"Belitung Expo 2024 menjadi ruang bagi para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Belitung untuk memasarkan produk mereka sehingga bangkit dari kondisi keterpurukan ekonomi selama ini," ujarnya.

Dia menyebutkan, Belitung Expo 2024 berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 1,2 miliar, sehingga mampu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di daerah itu.

"Sehingga kurang lebih ada sekitar Rp 250 juta uang per hari yang berputar dalam kegiatan Belitung Expo 2024," katanya lagi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement