Rabu 25 Dec 2024 10:19 WIB

The Sanur Kantongi Lima Sertifikasi ISO

The Sanur mengedepankan prinsip ESG dalam pembangunan KEK Kesehatan Sanur.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Satria K Yudha
The Sanur meraih lima sertifikasi ISO.
Foto: The Sanur
The Sanur meraih lima sertifikasi ISO.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- PT Hotel Indonesia Natour (HIN) atau InJourney Hospitality melalui anak usahanya, PT Hotel Internasional Sanur Indonesia (PT HISI), bertekad menjadikan kawasan ekonomi khusus (KEK) Sanur atau the Sanur sebagai destinasi kesehatan dan wellness bertaraf global. Direktur Utama HISI Doddy Akhmadsyah menyampaikan, komitmen ini ditunjukkan dengan memberikan pelayanan berkualitas dan berstandar internasional melalui sejumlah sertifikasi ISO.

"Hal ini menjadi tonggak penting dalam transformasi The Sanur di tahun pertama berdiri," ujar Doddy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/12/2024).

Doddy menyampaikan, lima standar ini mencakup lima sertifikasi ISO utama, yakni ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu), ISO 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), ISO 45001:2018 (Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja), ISO 37001:2016 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan), dan ISO/IEC 27001:2022 (Manajemen Keamanan Informasi).

Doddy menyebut pencapaian ini menjadi langkah strategis The Sanur dalam meningkatkan kualitas layanan dan manajemen untuk mendukung pengembangan ekosistem kesehatan yang unggul di KEK Kesehatan Sanur. "Pencapaian ini mencerminkan upaya kami untuk menjaga integritas, kualitas, dan keamanan dalam setiap aspek operasional," sambung Doddy. 

Menurut Doddy, sertifikasi ISO lima standar ini menjadi motivasi yang sangat berharga dalam penerapan standar internasional, khususnya continuous improvement dalam mewujudkan international medical & wellness destination. Dalam satu tahun operasional, sambung Doddy, The Sanur telah melakukan berbagai inovasi dengan mengedepankan keselarasan tradisi dan teknologi dengan mengedepankan prinsip ESG dalam pembangunan fasilitas KEK Kesehatan Sanur. "Melalui sertifikasi ISO 14001:2015, menjadi bukti nyata The Sanur dalam menjalankan operasional kawasan yang ramah lingkungan dengan memprioritaskan keberlanjutan," ucap Doddy. 

Tidak hanya itu, kata Doddy, The Sanur juga berhasil meraih sertifikasi ISO 45001:2018, standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Dalam mendukung kesejahteraan karyawan serta operasional dan pembangunan fasilitas, The Sanur secara intensif mensosialisasikan pentingnya penerapan K3 kepada setiap mitra yang beroperasi maupun yang akan beroperasi di KEK Sanur.

Doddy menyampaikan the Sanur juga berkomitmen menjaga integritas, transparansi, dan etika dalam menjalankan operasional perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

"Dengan penerapan SMAP ini, diharapkan The Sanur dapat terus mengembangkan prosedur operasional yang lebih efektif dan efisien, sehingga meningkatkan kepercayaan dari mitra bisnis The Sanur," lanjut Doddy. 

Sebagai KEK kesehatan oertama di Indonesia, lanjut Doddy, the Sanur juga memperhatikan kenyamanan dan keamanan bagi para pelanggan dan mitra bisnis, salah satunya keamanan informasi dalam melindungi data pelanggan. Dengan sertifikasi ISO/IEC 27001:2022 yang diraih, The Sanur memastikan seluruh proses pengelolaan data telah memenuhi standar yang ketat terkait keamanan informasi.

"Kami percaya pencapaian ini langkah awal dari perjalanan panjang kami untuk memenuhi standar rumah sakit dan klinik internasional yang akan mulai beroperasional pada 2025," kata Doddy. 

Corporate Secretary HISI Dwi Meisa Fitri menyampaikan sertifikasi ini diberikan kepada The Sanur dengan ruang lingkup penyedia sarana dan prasarana kawasan serta sebagai operator KEK Kesehatan Sanur. Hal ini mencerminkan komitmen manajemen dan seluruh pegawai terhadap mutu pelayanan, kepuasan pelanggan, pengendalian proses, pengelolaan SDM, serta peningkatan berkelanjutan dalam sistem mutu, lingkungan, K3, keamanan informasi, dan anti-penyuapan.

"The Sanur berkomitmen menjadi pionir dalam pengembangan layanan kesehatan dan wellness agar dapat bersaing secara global. Pencapaian ini akan menjadi landasan kuat untuk menghadirkan pengalaman medis dan wellness terbaik bagi masyarakat Indonesia dan dunia," kata Dwi. 

Sertifikasi ini diberikan oleh Garuda Sertifikasi Indonesia (GSI), lembaga terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang berpengalaman melakukan sertifikasi berbagai perusahaan multinasional. Direktur Utama Garuda Sertifikasi Indonesia Johny S. Salim mengatakan proses sertifikasi selama tiga bulan ini mencakup audit menyeluruh terhadap manajemen dan operasional The Sanur oleh auditor GSI yang telah bersertifikasi internasional. 

"Ini adalah pencapaian luar biasa. Di antara berbagai perusahaan yang pernah kami tangani, The Sanur menjadi satu-satunya yang berhasil meraih lima sertifikasi ISO sekaligus dalam satu waktu," ujar Johny. 

Dengan diraihnya Sertifikasi ISO 9001:2015, sistem manajemen mutu terintegrasi di The Sanur telah memenuhi standar internasional, sekaligus mencerminkan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Selain itu, ucap Johny, penerapan governance, risk, and compliance The Sanur juga telah sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku, melalui tata kelola perusahaan yang baik, manajemen risiko yang efektif, serta kepatuhan terhadap regulasi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement