Senin 24 Jun 2024 14:30 WIB

Jakarta Tambah Pembuangan Sampah Daur Ulang 

Dengan adanya TPS3R, semua limbah rumah tangga tidak dibuang begitu saja.

Red: Satria K Yudha
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan pemilahan sampah di TPS 3R Asrama Dinas LH Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan pemilahan sampah di TPS 3R Asrama Dinas LH Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2024).

ESGNOW.ID,  JAKARTA- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus menambah tempat pembuangan sampah daur ulang. Upaya ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan sampah di Jakarta.

Program tersebut menjadi salah satu fokus pemerintah kota di Jakarta. Pemkot Jakarta Selatan, misalnya, menyatakan bakal menambah dua tempat pembuangan sampah berkonsep kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang atau reduce, reuse, recycle (TPS3R) pada 2025 untuk mengurangi volume sampah di wilayah itu. 

Baca Juga

"Tahun depan, kita rencana dan anggarkan membuat dua TPS3R," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Mohamad Amin, Senin (24/6/2024).

Amin menjelaskan, pihaknya berencana membangun TPS3R di kawasan Waduk Brigif, Jagakarsa dan Mampang. Sementara, untuk TPS3R di Jakarta Selatan yang sudah beroperasi dan diharapkan terus berjalan, yakni di kawasan Menteng Atas, Pesanggrahan,dan Pasar Minggu.

Sementara itu, TPS3R di Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dibangun pada 2023 dan baru saja diresmikan Jumat (16/2). TPS3R itu berkapasitas olah sampah 50 ton per hari.

"Yang di Menteng Atas dibangun oleh pemerintah tahun ini. Sementara yang berada di Kecamatan Pesanggrahan sudah jadi gedungnya, tinggal mesin dari PLN. Kalau yang di Jagakarsa sedang dibangun pihak ketiga melalui CSR," ujarnya.

Dia menyatakan pembangunan TPS3R sebenarnya tentatif tergantung pelaksana dan kondisi yang berbeda-beda. Diharapkan dengan adanya pengoperasian TPS3R, maka semua limbah rumah tangga tidak dibuang begitu saja tetapi diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan membangun tempat pembuangan sampah berkonsep kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang atau reduce, reuse, recycle (TPS 3R) di 44 kecamatan untuk mengurangi volume sampah.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan sudah ada tujuh TPS3R yang dibangun 2023 dan pada 2024 rencana akan membangun empat.

Pada tahun ini, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan TPS3R di Ciracas, Jakarta Timur, Rawasari, Jakarta Pusat, dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pembangunan TPS3R tersebut menggunakan APBD 2023 sekitar Rp 19 miliar.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement