Rabu 18 Oct 2023 21:04 WIB

Survei: 78 Persen Penduduk Amerika Ternyata tidak Paham ESG

Lebih dari tiga perempat penduduk AS tidak pernah mendengar dan paham ESG.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Hasil survei dari Global Strategy Group dan SEC Newgate mencatat bahwa 78 persen penduduk AS tidak mengenal dan paham tentang ESG.
Foto: www.freepik.com
Hasil survei dari Global Strategy Group dan SEC Newgate mencatat bahwa 78 persen penduduk AS tidak mengenal dan paham tentang ESG.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- Lebih dari tiga perempat orang Amerika tidak mengenal atau memiliki pemahaman yang baik tentang arti ESG. Hal ini merujuk pada survey terbaru yang dilakukan oleh firma urusan publik Global Strategy Group (GSG) dan SEC Newgate.

Survey tersebut menemukan bahwa 78 persen orang Amerika tidak mengenal, tidak pernah mendengar atau tidak yakin apa arti sebenarnya dari istilah perusahaan tersebut. Hanya 22 persen dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu ESG - meningkat dari survey tahun lalu yang hanya 15 persen.

Baca Juga

Kelompok yang lebih mungkin pernah mendengar tentang ESG adalah laki-laki (65 persen), generasi Milenial (68 persen), orang Amerika yang berpendidikan tinggi (69 persen), dan anggota Partai Republik (61 persen). Laporan ini muncul di saat retorika anti-ESG semakin berkembang, terutama di kalangan beberapa politisi.

Pada bulan Mei, Gubernur Florida Ron DeSantis menandatangani undang-undang yang melarang pejabat negara bagian menginvestasikan dana publik untuk mempromosikan tujuan-tujuan lingkungan, sosial, dan tata kelola, (ESG), serta melarang penjualan obligasi ESG

Jade Floyd, wakil presiden senior di GSG, mengatakan bahwa belakangan ini terjadi “serangan” terkoordinasi dari para pembuat kebijakan sayap kanan dan organisasi advokasi, yang memaksa perusahaan-perusahaan untuk memeriksa ESG dengan lebih cermat, dan mengkalibrasi ulang bagaimana serta kapan mereka terlibat dalam isu-isu sosial dan politik.

"Perusahaan menghadapi risiko legislasi, litigasi, regulasi, dan investigasi yang sedang berlangsung oleh para pembuat kebijakan dan pemimpin yang anti-ESG. Dari pengalaman kami bekerja dengan banyak klien korporat, para eksekutif semakin berhati-hati tentang bagaimana dan kapan harus terlibat dalam isu-isu ESG," kata Floyd seperti dilansir Forbes, Rabu (18/10/2023).

"Ketakutan akan meningkatnya pengawasan media bersama dengan retorika di Capitol Hill menyebabkan perusahaan-perusahaan berpikir dua kali untuk mempublikasikan aktivitas ESG mereka,” tambah Floyd.

Namun, survei tersebut juga menunjukkan bahwa 72 persen responden berpendapat bahwa penting bagi perusahaan untuk mengambil tindakan terhadap isu-isu ESG. Lalu hampir dua pertiga (60 persen) setuju bahwa perusahaan harus angkat bicara mengenai isu-isu yang penting bagi karyawan dan pelanggan mereka.

Dan hanya empat dari 10 responden yang percaya bahwa perusahaan-perusahaan saat ini berperilaku etis dan melakukan hal yang benar. Laporan tersebut, kata Floyd, benar-benar memberi gambaran bahwa banyak orang Amerika yang memiliki minat terhadap komponen-komponen ESG, dan kepedulian terhadap keragaman dan inklusi.

“Ini adalah faktor-faktor yang menjadi semakin penting bagi generasi muda, milenial, dan Gen Z yang akan naik ke jajaran kepemimpinan dan perusahaan. Mereka bisa mendorong keputusan investasi dan pembelian di masa depan,” kata Floyd.

Survei ini juga menemukan bahwa pekerja muda mengharapkan lebih banyak dari perusahaan mereka dalam hal ESG. Di AS, satu dari tiga pekerja berusia antara 18-29 tahun menilai perusahaan mereka buruk dalam hal kesempatan untuk pengembangan dan pelatihan profesional, dukungan untuk kesejahteraan, dan pengaturan kerja campuran. Dan lebih dari tiga perempat (79 persen) responden Milenial mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan aktivitas ESG ketika mereka memutuskan siapa yang akan mereka pilih.

Kim Knickle, direktur riset untuk ESG dan keberlanjutan di perusahaan riset global Verdantix mengatakan bahwa meskipun frasa ESG mendapat banyak pemberitaan negatif akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang memahami bahwa mereka perlu meningkatkan kinerja di sekitar komponennya.

"Adalah tanggung jawab dewan direksi untuk memikirkan jangka pendek dan jangka panjang. Dan jika Anda ingin melakukan hal itu, maka Anda harus memikirkan semua komponen ESG. Mereka hanya perlu mengatasi keraguan dan mencari tahu semua hal yang berbeda. Jika Anda ingin berbicara tentang keberlanjutan, bicaralah tentang keberlanjutan,” kata Knickle.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement