Rabu 01 May 2024 18:06 WIB

Grup MIND ID Kompak Bantu Pemerintah Perangi Stunting

Anggota MIND ID aktif tingkatkan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas.

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID turut berperan aktif dan berpartisipasi dalam program pencegahan stunting di Indonesia.
Foto: dok MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID turut berperan aktif dan berpartisipasi dalam program pencegahan stunting di Indonesia.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID turut berperan aktif dan berpartisipasi dalam program pencegahan stunting di Indonesia. Hal ini merupakan bukti peduli Perseroan dengan kondisi kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasional.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, mengatakan inisiatif kesehatan yang dilakukan perusahaan mencakup upaya untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas serta memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat.

Stunting adalah masalah serius yang perlu segera ditangani karena pertumbuhan anak tak terlepas bagian dari masa depan bangsa dan negara Indonesia. MIND ID melalui anggotanya telah aktif mendorong keterlibatan perusahaan untuk memberikan dukungan, baik berupa bantuan maupun edukasi,” katanya.

Menurut Heri, penanganan stunting tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah. Perusahaan pelat merah milik pemerintah tidak hanya mencari untung dalam menjalankan roda bisnisnya, tetapi juga ada fungsi sosial.

“Salah satunya mengentaskan angka stunting di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Anggota Grup MIND ID yang meliputi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk, bahu membahu menjalankan program dengan tujuan perbaikan gizi bagi masyarakat Indonesia.

Melalui UBP Bauksit Kalimantan Barat, PT Antam menjalankan berbagai program untuk mengatasi masalah stunting bagi masyarakat di Kabupaten Sanggau. Rangkaian program dengan nama Generasi Sehat Bebas Stunting (Gen Sehat) ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, mencakup intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.

Sementara, PT Timah membantu Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dalam menekan kasus stunting dan pengentasan kemiskinan di Kepulauan Babel.

Perseroan telah membuat beberapa program yang sejalan dengan rencana aksi nasional percepatan penurunan stunting, melalui Program Mobil Sehat. Dampak yang diberikan dari program ini yang tidak hanya memberikan berbagai bantuan makanan tambahan bagi anak-anak stunting, tetapi juga memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PTBA juga melaksanakan hal serupa sebagai bagian dari Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam rangka peningkatan gizi ibu dan anak dari masyarakat pra sejahtera.

Di mana, Perseroan telah melaksanakan penyuluhan pola hidup sehat serta pemberian nutrisi tambahan bagi ibu dan anak secara berkala kepada 1.704 KK pra sejahtera dan 50 bayi stunting di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Sebagai masyarakat sekitar, pembagian PMT secara langsung ini sangat membantu keluarga penerima khususnya pada warga yang tidak mampu. Kami sangat berterima kasih atas adanya bantuan ini,” ucap salah satu penerima manfaat, Sri Gustini.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement