Rabu 03 Jul 2024 19:28 WIB

Rukun Raharja-BEM UI Gelar Kegiatan The 13th UI YEA

Kegiatan ini untuk membangkitkan kesadaran lingkungan.

Red: Joko Sadewo
T Rukun Raharja, Tbk bersama dengan Departemen Lingkungan Hidup BEM Universitas Indonesia 2024 menggelar The 13th UI Youth Environmental Action .
Foto: istimewa/doc humas
T Rukun Raharja, Tbk bersama dengan Departemen Lingkungan Hidup BEM Universitas Indonesia 2024 menggelar The 13th UI Youth Environmental Action .

ESGNOW.ID,  JAKARTA -– PT Rukun Raharja, Tbk bersama dengan Departemen Lingkungan Hidup BEM Universitas Indonesia 2024 menggelar The 13th UI Youth Environmental Action (“The 13th UI YEA”).  Kegiatan ini diharapkan mendorong kesadaran pelestarian lingkungan.

Corporate Secretary Rukun Raharja, Yuni Pattinasaran, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pada  21-30 Mei 2024, di Desa Ujungjaya, Ujungkulon, Banten. Tema yang diusung adalah "Gelombangkan Perubahan, Labuhkan Keseimbangan”.

“Ini merupakan sebuah bentuk pengabdian mahasiswa yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran lingkungan dan mendorong pelestarian lingkungan yang proaktif, dipimpin oleh antusiasme dan dedikasi para kaum muda,” kata Yuni dalam siaran persnya. 

Selain itu, lanjut dia, program ini merupakan bentuk dukungan untuk memperkuat kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) global. Terrutama pada tujuan ke-4 (pendidikan berkualitas), ke-12 (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab), ke-13 (penanganan perubahan iklim), dan ke-14 (ekosistem lautan).

The 13th UI YEA ini, kata Yuni, memiliki sejumlah rangkaian kegiatan yang diharap dapat memberikan manfaat berkelanjutan kepada warga dan kawasan lingkungan hidup di daerah sasaran. Kegiatan tersebut di antaranya adalah  Clean Up (pembersihan pantai) dan Restorasi Mangrove ,dengan penanaman total 1000 bibit pohon mangrove.

Ada pula Workshop Ekonomi Sirkular atau pelatihan kewirausahaan, yang menyasar pada pemberdayaan perempuan; edukasi lingkungan dan pengembangan minat bakat siswa; serta pembangunan dan perbaikan fasilitas di dua Sekolah Dasar pada kawasan tersebut. 

Selain itu, lanjut Yuni, kegiatan ini juga mencakup pemberian donasi dalam bentuk pakan badak untuk Taman Nasional Ujung Kulon; YEA Summit, sebagai kegiatan penutup seluruh rangkaian The 13th UI YEA serta kegiatan Advokasi Laporan Rekomendasi kepada pemangku kepentingan sebagai hasil observasi yang ditemukan selama kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung.

Yuni Pattinasaran, menyampaikan, Rukun Raharja sangat gembira dapat berkolaborasi dalam kegiatan ini. Hal ini karena sejalan dengan program kerja Perseroan, terutama dalam bidang peningkatan kelestarian lingkungan hidup. “Perseroan yakin bahwa dukungan yang diberikan dapat meningkatkan dampak dan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, melalui kolaborasi ini, Perseroan berharap dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan serta dampak positif langsung terhadap komunitas lokal dan lingkungan sekitarnya,” paparnya.

Ketua Pelaksana The 13th UI YEA, Lucia Deandra, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Peseroan atas dukungan yang diberikan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut Deandra, generasi muda memegang peran krusial dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di era ini. 

“Dengan keterampilan teknologi dan kesadaran akan isu-isu lingkungan yang semakin meningkat, generasi muda dapat menjadi agen perubahan melalui inovasi, advokasi, dan tindakan nyata. Kegiatan ini adalah salah satu tindakan nyata bahwa  generasi muda dapat memainkan peran penting dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi planet ini,” papar Deandra.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement