Senin 14 Oct 2024 14:38 WIB

Pengembangan Bioetanol Jangan Hanya Andalkan Tebu

Ada banyak sumber lain yang layak dikembangkan untuk menjadi bioetanol.

Rep: Rizky Suryarandika / Red: Satria K Yudha
Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen
Foto: ANTARA/HO-Pertamina
Pertamina dan Toyota berkolaborasi melakukan uji coba bahan bakar bioetanol 100 persen

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- Pemerintah diharapkan tidak hanya fokus pada tebu guna mewujudkan bioetanol sebagai bahan bakar nabati (BBN). Sebab, berbagai sumber lain dinilai layak dikembangkan menjadi bioetanol. 

Hal ini disampaikan pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori. Khudori memandang banyak bahan baku yang bisa diolah menjadi etanol sebagai bauran dari bioetanol. Selain itu, kata Khudori, pemanfaatan berbagai bahan baku juga bisa mengatasi irisan kepentingan antara BBN (fuel) dan industri pangan.

”Harus dikembangkan dari beragam bahan baku. Selain tebu, etanol juga bisa dihasilkan dari stevia seperti di Brasil. Selain itu juga bisa dari aren, sawit, dan sebagainya,” kata Khudori kepada wartawan, Senin (13/10/2024). 

Khudori sependapat bahwa pengembangan bioetanol sebagai BBN memang harus didorong. Tujuannya guna membangun kemandirian energi demi mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, memperbaiki neraca perdagangan,serta mendukung target Net Zero Emission (NZE) pada 2060. 

Hanya saja, Khudori menekankan, guna mendorong pengembangan bioetanol sebagai BBN, memang selayaknya dilakukan melalui berbagai sumber. Sebab, jika hanya fokus pada satu bahan baku saja seperti tebu, maka akan terkendala pada pasokan yang sangat terbatas. 

"Hanya itu? Tentu saja tidak. Tak kalah penting, karena saat ini penggunaan tetes tebu juga dimanfaatkan untuk pangan seperti penyedap masakan, alkohol, dan bahkan kosmetik," ujar Khudori. 

”Kalau hanya mengandalkan tebu, akan ada kompetisi dengan industri lain. Karena semua tetes produksi swasta dan juga PTPN III, selama ini sudah digunakan untuk bahan baku industri pangan seperti bumbu masak, alkohol, dan kosmetik. Apakah mungkin industri-industri tersebut tidak lagi menggunakan tetes? Sepertinya tidak,” lanjut Khudori.  

Khudori juga menilai target produksi etanol 1,24 juta kiloliter pada 2030 seperti diamanahkan Perpres Nomor 40 Tahun 2023 diperkirakan masih menjadi ranah persaingan antara BBN dan industri lain. Oleh karena itu, Khudori menyebut pemanfaatan berbagai bahan baku, diharapkan bisa menjadi solusi dari kompetisi tersebut. "Ini sekaligus memperlancar program bioetanol sebagai BBN," ujar Khudori. 

Selain mengatasi kompetisi dengan industri lain, penggunaan berbagai bahan baku perlu dilakukan karena pengembangan bioetanol tidak sederhana. 

”Untuk tebu misalnya, proses dari membuka lahan hingga ditanami tebu dan menghasilkan gula juga relatif tidak sebentar. Bisa lima atau bahkan delapan tahun. Apalagi dengan perluasan 700.000 hektar, pabrik gula yang dibutuhkan juga banyak sekali,” ujar Khudori.

Kondisi demikian yang menurut Khudori, membuat Indonesia belum pernah mencapai swasembada gula. Padahal, ketersediaan tetes atau molase sebagai bahan baku bioetanol sangat tergantung dengan keberhasilan swasembada gula tersebut. ”Apalagi, jika harus mengejar target 1,2 juta kiloliter etanol di 2030,” ujar Khudori.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement