Kamis 30 May 2024 12:35 WIB

Permintaan Listrik di New Delhi Mencapai Puncaknya Akibat Gelombang Panas  

Suhu di Ibu Kota New Delhi Mencapai 45 derajat Celcius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Seorang pria berjalan melewati monumen Gerbang India pada hari musim panas di New Delhi, India, Senin, 27 Mei 2024.
Foto:

Sementara itu, IMD juga mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan sebuah tim untuk menyelidiki pembacaan yang sangat tinggi di sebuah stasiun cuaca otomatis.

“Mungeshpur melaporkan suhu 52,9 derajat Celcius sebagai perbedaan dibandingkan dengan stasiun-stasiun lainnya. Ini bisa jadi karena (kesalahan) sensor atau faktor lokal,” kata IMD mengacu pada sebuah stasiun di pinggiran kota Delhi.

Menurut IMD, stasiun pemantau lain mencatat suhu maksimum di Delhi pada Rabu yang bervariasi mulai dari 45,2 derajat Celcius hingga 49,1 derajat Celcius. Ahli meteorologi IMD, Soma Sen Roy, mengatakan bahwa para petugas sedang memeriksa apakah stasiun tersebut telah mencatatnya dengan benar.

Pada hari Selasa, dua stasiun di Delhi, di Mungeshpur, serta di stasiun otomatis lainnya di Narela, mencatat suhu 49,9 derajat Celcius.

Sebelumnya pada tahun 2022, suhu Delhi tercatat mencapai 49,2 derajat Celcius. Lalu pada tahun 2016, suhu 51 derajat Celcius tercatat di Phalodi di tepi Gurun Thar, Rajasthan, yang merupakan suhu tertinggi yang pernah tercatat di India.

“Suhu di daerah perkotaan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Variasi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti  kedekatannya dengan badan air, tanah tandus, taman atau perumahan yang padat,” kata IMD.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement