Senin 23 Sep 2024 09:43 WIB

Mustika Ratu Menangkan ESG Award 2024 Berkat Inovasi Pelestarian Sosial dan Budaya

Salah satu program unggulannya adalah Jamunomic Ecosystem.

Red: Ahmad Fikri Noor
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menunjukkan komitmen kuatnya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan meraih ESG Award 2024 dari Republika untuk kategori Innovation for Cultural Sustainability.
Foto: Mustika Ratu
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menunjukkan komitmen kuatnya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan meraih ESG Award 2024 dari Republika untuk kategori Innovation for Cultural Sustainability.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menunjukkan komitmen kuatnya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan meraih ESG Award 2024 dari Republika untuk kategori Innovation for Cultural Sustainability. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas upaya berkelanjutan MRAT dalam mengintegrasikan keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik dalam setiap aspek operasional bisnisnya.

ESG Award Republika 2024 diterima oleh Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Jodi Andrea Suryokusumo, dari Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, di Jakarta, Kamis, 19 September 2024 yang dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Bahlil Lahadalia menegaskan pentingnya pendekatan baru dalam menjaga lingkungan dan melestarikan warisan budaya. “Tidak mungkin kita pakai cara-cara lama untuk mewariskan lingkungan yang lestari kepada anak cucu kita. Penghargaan ini sangat strategis karena diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menerapkan praktik ESG dengan baik,” ujar Bahlil.

Salah satu program unggulan yang membawa MRAT meraih penghargaan ini adalah Jamunomic Ecosystem, sebuah inisiatif yang berdampak positif tidak hanya pada lingkungan dan perekonomian lokal, tetapi juga pada pelestarian budaya Indonesia. Program ini memberdayakan masyarakat lokal untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekaligus melestarikan kekayaan budaya, sehingga menciptakan ekonomi yang berkelanjutan.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Jodi Andrea Suryokusumo menyatakan bahwa penghargaan ini memperkuat komitmen perusahaan dalam menjaga warisan budaya dan alam Indonesia. “Melalui Jamunomic Ecosystem, kami tidak hanya berfokus pada penguatan ekonomi, tetapi juga mengajak masyarakat lokal untuk terlibat dalam pelestarian budaya dan lingkungan. Kami berharap program ini terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih luas,” ujar Jodi.

Selain Jamunomic Ecosystem, MRAT juga mendukung konsep Sustainable Beauty melalui inovasi pengelolaan limbah menjadi pupuk ramah lingkungan serta penggunaan bahan ramah lingkungan yang dapat di daur ulang untuk kemasan produknya. Langkah ini adalah bagian dari komitmen MRAT untuk menjaga keseimbangan antara kecantikan, keberlanjutan, dan kelestarian alam.

MRAT juga turut serta dalam mitigasi perubahan iklim global melalui program penanaman mangrove yang bertujuan memperluas area hutan mangrove di wilayah konservasi. Program ini merupakan bagian penting dari upaya perusahaan untuk mendukung inisiatif Net Zero Carbon serta melindungi ekosistem dan kelestarian alam dari dampak perubahan iklim.

Penghargaan ESG Award 2024 ini semakin memperkokoh posisi PT Mustika Ratu Tbk sebagai perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan, sekaligus menciptakan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan pelestarian budaya Indonesia.

Yuk gabung diskusi sepak bola diĀ sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement