Ahad 27 Oct 2024 09:00 WIB

Polytama Ubah Limbah B3 Jadi Solusi Energi Motor Listrik

Polytama mendukung perkembangan komunitas melalui inovasi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Satria K Yudha
Penyerahan motor listrik kepada kelompok Bang Pilo
Foto: Polytama
Penyerahan motor listrik kepada kelompok Bang Pilo

ESGNOW.ID,  INDRAMAYU – PT Polytama Propindo (Polytama) menghadirkan program Oligotrik atau ‘Oligomer Jadi Listrik’. Program inovatif itu mengelola dan memanfaatkan limbah B3 oligomer perusahaan menjadi energi listrik yang dapat menjadi sumber energi bagi motor listrik yang minim polusi.

Adapun penerima manfaat untuk program Oligotrik itu adalah kelompok binaan Polytama, yakni Bang Pilo atau ‘Pengembangan Pindang Lombang’. Mereka menjadi kelompok pertama yang merasakan manfaat dari adanya program oligotrik tersebut.

Polytama memberikan sebanyak empat motor listrik oligotrik kepada kelompok Bang Pilo. Untuk pengisian dayanya dapat dilakukan di stasiun pengisian listrik yang telah disediakan Polytama.

Kehadiran motor listrik untuk kelompok Bang Pilo tersebut, selain dapat mengurangi polusi udara yang dihasilkan kendaraan bermotor, juga mengurangi limbah B3 oligomer serta dapat memberikan efisiensi terhadap biaya pengisian bensin.

Kepala Desa Lombang, Pandi, mengapresiasi penyerahan motor listrik oleh Polytama kepada kelompok Bang Pilo. "Ini menjadi wujud perhatian dari Polytama kepada Desa Lombang dan kelompok Bang Pilo untuk memajukan perekonomian, sehingga pindang Lombang yang merupakan ciri khas kuliner desa dapat lebih dikenal luas dan terus menjadi tradisi Desa Lombang,’’ kata Pandi, Sabtu (26/10/2024).

Program oligotrik merupakan program yang diteruskan menjadi program inovasi ‘Sistem Distribusi Hijau’ atau ‘Si Dia’, yang manfaatnya diteruskan kepada masyarakat binaan di Kelompok Bang Pilo. Melalui program yang terintegrasi dan berkesinambungan satu sama lain, harapannya dapat saling memotivasi masyarakat agar dapat memberikan kontribusi terbaik untuk lingkungan.

GA & Community Development Manager Polytama, M Andri Nugroho, mengatakan, pihaknya berharap agar kontribusi itu dapat membuktikan bahwa Polytama selalu berkomitmen memajukan komunitas melalui inovasi.

"Juga sekaligus mendukung kebijakan pemerintah mengenai penggunaan motor listrik. Dengan motor listrik ini akan membuat jangkauan menjadi lebih luas dan pindang lombang dapat dinikmati orang lebih banyak lagi sehingga akan meningkatkan pendapatan kelompok Bang Pilo,’’ ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement