Rabu 01 Nov 2023 16:30 WIB

5 Fakta Perubahan Iklim Ini Bikin Takut

Risiko bencana yang ditimbulkan krisis iklim bisa menjadi teror menakutkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Dunia telah menyadari perubahan iklim setidaknya sejak IPCC dibentuk pada tahun 1988.
Foto:

Hipertermia bukanlah satu-satunya risiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap kehidupan manusia. Suhu yang lebih tinggi memperburuk kualitas udara, berdampak negatif pada produksi tanaman, meningkatkan penyebaran penyakit menular, dan mengancam cadangan air tawar.

Kejadian kebakaran hutan telah meningkat selama beberapa tahun terakhir dan area yang terbakar serta intensitas kebakaran telah meningkat. Pada tahun 2023, terjadi dua peristiwa kebakaran besar di Amerika Utara.

Pada bulan Agustus, kebakaran hebat menghancurkan Maui, Hawaii dan merenggut lebih dari 100 nyawa. Di Kanada, sejak bulan Mei hingga musim gugur, kebakaran hutan terus terjadi. 44 juta hektar telah terbakar, yang tidak hanya berdampak pada satwa liar tetapi juga manusia.

 

5. Banyak pemimpin yang belum menganggapi krisis iklim sebagai masalah serius

Dunia telah menyadari perubahan iklim setidaknya sejak IPCC dibentuk pada tahun 1988. Para ilmuwan dan masyarakat bersatu untuk mendukung kebijakan lingkungan, namun banyak pemerintah dunia yang memiliki pemikiran yang berbeda. Meskipun sudah tujuh tahun sejak Perjanjian Paris diberlakukan, tidak ada satu pun negara besar di dunia yang berada di jalur yang tepat untuk menjaga pemanasan global di bawah 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement