Selasa 09 Jan 2024 15:09 WIB

7 Tips Agar Tetap Aman Selama Musim Hujan Menurut Dokter

Pakar sarankan sejumlah cara agar terhindar dari kecelakaan saat musim hujan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Selama musim hujan, curah hujan yang tinggi dan permukaan yang licin meningkatkan risiko jatuh.
Foto: www.freepik.com
Selama musim hujan, curah hujan yang tinggi dan permukaan yang licin meningkatkan risiko jatuh.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- Puncak musim hujan di Indonesia pada 2024, diprediksi terjadi pada Januari- Februari, menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Selama musim hujan, curah hujan yang tinggi dan permukaan yang licin meningkatkan risiko jatuh.

Orang lanjut usia, yang mungkin sudah memiliki keseimbangan dan koordinasi yang berkurang, sangat rentan untuk terpeleset, tersandung dan jatuh. Begitupun anak-anak, dengan sifat mereka yang suka bermain, juga rentan terpeleset dan jatuh pada musim hujan. Meskipun hal ini sebetulnya dapat terjadi pada siapa saja.

Baca Juga

Agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan saat musim hujan, berikut beberapa tips dari dokter spesialis kedokteran olahraga di Fortis Hospital India, Dr Sanesh Tuteja, seperti dilansir Health Shots, pada Selasa (9/1/2024).

1. Pilihlah alas kaki yang sesuai

Dr Tuteja mengatakan bahwa alas kaki yang tepat memainkan peran penting dalam mencegah tergelincir. Selama musim hujan, selalu pilihlah sepatu yang dilengkapi dengan sol anti selip, yang menawarkan daya cengkeram yang sangat baik pada permukaan basah.

“Pada saat yang sama, hindari sepatu dengan sol yang licin atau sepatu hak tinggi. Selain itu, pertimbangkan kepraktisan sepatu bot karet, yang memberikan cengkeraman yang aman sekaligus menjaga kaki tetap kering,” kata Tuteja.

 

2. Berjalanlah dengan hati-hati

Berhati-hatilah saat berjalan di kondisi atau area yang basah. Ambil langkah yang lebih kecil dan berjalanlah dengan kecepatan yang lebih lambat untuk menghindari terpeleset atau jatuh. Jaga agar kaki tetap dekat dengan tanah dan hindari melangkah terlalu jauh.

“Saat mengubah arah, putar kaki Anda alih-alih memutar tubuh Anda. Tetaplah memperhatikan lingkungan sekitar dan hindari permukaan yang tidak rata atau licin,” saran Tuteja.

 

3. Manfaatkan handrail

Handrail atau pegangan adalah alat yang sangat berharga untuk mencegah jatuh. Jika tersedia, gunakanlah pegangan tangan, terutama saat menaiki atau menuruni tangga. "Peganglah handrail dengan kuat untuk mendapatkan dukungan. Jika tidak ada pegangan tangan, carilah sarana penyangga alternatif, seperti dinding atau pohon terdekat,” kata Tuteja.

 

4. Jangan membawa banyak barang

Membawa benda sambil berjalan di tengah hujan meningkatkan risiko jatuh. Pastikan tangan tetap bebas dengan menggunakan ransel atau tas bahu untuk membawa barang-barang tambahan. Jika Anda membutuhkan payung, pilih payung dengan pegangan yang nyaman, sehingga tidak akan terlepas dari tangan Anda.

 

5. Membawa payung atau jas hujan

Untuk melindungi diri dari basah dan berpotensi licin, gunakan payung atau kenakan jas hujan saat bertualang di luar. Kebutuhan musim hujan ini tidak hanya membuat Anda tetap kering tetapi juga meningkatkan visibilitas dengan mencegah hujan menghalangi pandangan, mengurangi kemungkinan tersandung rintangan.

 

7. Perhatikan genangan air dan lubang

Hindari melangkah ke genangan air atau berjalan di dekat lubang selama musim hujan. Genangan air dapat menyembunyikan permukaan yang tidak rata, lubang atau puing-puing, meningkatkan risiko tersandung atau cedera. Tetap waspada dan pilih jalan dengan bijak untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement