Kamis 24 Oct 2024 08:11 WIB

Hari Ini, Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diprediksi Berawan hingga Hujan

Jakarta diprakirakan terjadi hujan ringan.

Red: Satria K Yudha
Hujan
Foto: republika
Hujan

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia berawan hingga hujan pada Kamis.

"Dimulai dari Pulau Sumatra, untuk Banda Aceh, Padang, dan Pekanbaru diprakirakan berawan tebal, sementara untuk Medan dan Tanjung Pinang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan," kata Prakirawati BMKG Sekar Anggraeni dalam siaran prakiraan cuaca di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Ia mengatakan cuaca di Jambi, Bengkulu, dan Palembang diprakirakan hujan ringan, sedangkan hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Pangkal Pinang dan Bandar Lampung. Di Pulau Jawa, katanya, Yogyakarta diprakirakan berawan, Semarang dan Surabaya diprakirakan berawan tebal. Jakarta dan Bandung diprakirakan hujan ringan, sedangkan Serang diprakirakan hujan dengan disertai petir.

"Selanjutnya Denpasar dan Kupang diprakirakan berawan, sementara Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas ringan," ujarnya.

Ia menyebutkan cuaca di Pulau Kalimantan beragam, seperti Banjarmasin yang diprakirakan berawan, Samarinda berawan tebal, Tanjung Selor diprakirakan udara kabur, Palangkaraya diprakirakan hujan ringan, dan Pontianak yang diprakirakan hujan dengan disertai petir.

Di Pulau Sulawesi, Makassar diprakirakan berawan. Kemudian, Gorontalo, Palu, dan Manado diprakirakan berawan tebal, hingga Mamuju dan Kendari yang diprakirakan hujan ringan.

Di wilayah Indonesia bagian timur, kata dia, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di Ternate, Sorong, dan Manokwari, sedangkan cuaca di Ambon dan Jayawijaya diprakirakan hujan ringan, serta Nabire yang diprakirakan hujan sedang.

"Dan perlu diwaspadai untuk kota Jayapura dan Merauke diprakirakan terjadi hujan disertai petir," katanya.

Sekar mengingatkan masyarakat bahwa prakiraan tersebut merupakan gambaran umum cuaca di masing-masing wilayah. Jika masyarakat hendak mengetahui prakiraan cuaca yang diperbarui setiap tiga jam sekali, katanya, bisa memantau melalui aplikasi InfoBMKG yang bisa diunduh di Playstore maupun AppStore.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement