Selasa 14 May 2024 15:50 WIB

Singapura Mulai Uji Coba Diesel Terbarukan untuk Kendaraan Operasional Bandara

Singapura bertujuan mengurangi emisi penerbangan domestik dari operasional bandara.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Dalam upaya mengurangi karbon di sektor penerbangan Singapura, uji coba penggunaan bahan bakar solar terbarukan untuk kendaraan berat dan khusus yang beroperasi di Bandara Changi akan dilakukan.
Foto: EPA-EFE/WALLACE WOON
Dalam upaya mengurangi karbon di sektor penerbangan Singapura, uji coba penggunaan bahan bakar solar terbarukan untuk kendaraan berat dan khusus yang beroperasi di Bandara Changi akan dilakukan.

ESGNOW.ID,  JAKARTA -- Dalam upaya mengurangi karbon di sektor penerbangan Singapura, uji coba penggunaan bahan bakar solar terbarukan untuk kendaraan berat dan khusus yang beroperasi di Bandara Changi akan dilakukan.

Uji coba yang diperkirakan berlangsung selama satu tahun ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengadopsi bahan bakar solar terbarukan guna menggerakkan kendaraan-kendaraan tersebut di masa depan. Demikian menurut pernyataan dari Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (Civil Aviation Authority of Singapore/ CAAS) pada Senin (13/5/2024).

Baca Juga

Singapura bertujuan untuk mengurangi emisi penerbangan domestik dari operasional bandara sebesar 20 persen dari tingkat emisi tahun 2019 pada tahun 2030. CAAS juga telah menetapkan target untuk mencapai net zero emisi dari penerbangan domestik dan internasional-termasuk emisi dari penerbangan internasional yang dioperasikan oleh operator yang berbasis di Singapura-pada tahun 2050.

Pada bulan Februari, CAAS mengumumkan cetak biru yang akan memandu Singapura untuk menjadi pusat udara yang lebih berkelanjutan. Hal ini termasuk transisi ke energi yang lebih bersih untuk kendaraan di sisi udara.

“Transisi ini akan dicapai dengan tiga cara yaitu elektrifikasi, penggunaan biofuel, dan menjajaki penggunaan kendaraan udara bertenaga hidrogen,” demikian pernyataan CAAS seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (14/5/2024).

Meskipun varian kendaraan listrik yang layak untuk kendaraan ringan, seperti mobil dan van, tersedia secara luas, otoritas penerbangan nasional menunjukkan bahwa hanya sedikit pilihan listrik yang tersedia untuk lebih dari 1.800 kendaraan berat dan kendaraan khusus serta peralatan pendukung di Bandara Changi.

“Oleh karena itu, dekarbonisasi jangka pendek yang utama untuk kendaraan-kendaraan tersebut adalah penggunaan bahan bakar nabati, dan khususnya solar terbarukan,” kata CAAS.

Menurut CAAS, bahan bakar solar terbarukan memiliki emisi karbon siklus hidup yang lebih rendah hingga 95 persen dibandingkan dengan bahan bakar solar fosil konvensional. Bahan bakar ini dapat digunakan sebagai pengganti 'drop in' pada mesin diesel yang sudah ada tanpa modifikasi, dan memanfaatkan infrastruktur transportasi, penyimpanan, dan distribusi yang sudah ada untuk diesel, dengan sedikit penyesuaian.

"Bahan bakar ini juga dapat dicampur dengan solar fosil dalam proporsi berapa pun, sehingga perusahaan dapat mengkalibrasi investasi mereka pada energi yang lebih bersih sesuai dengan tujuan dekarbonisasi mereka,” kata CAAS.

CAAS menambahkan bahwa uji coba ini akan membantu mengembangkan rantai pasokan dan proses pengadaan untuk menggunakan bahan bakar solar terbarukan di Bandara Changi dan mengevaluasi kinerja operasional bahan bakar tersebut dibandingkan dengan bahan bakar solar fosil.

Uji coba ini memenuhi syarat untuk pendanaan bersama di bawah Program Keberlanjutan Penerbangan yang dijalankan oleh CAAS, yang mendukung proyek-proyek penerbangan berkelanjutan dengan pendanaan hingga 70 persen untuk proyek-proyek di seluruh sektor dan hingga 50 persen untuk proyek-proyek di tingkat perusahaan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement