Kamis 24 Jul 2025 14:24 WIB

BCA Andalkan ESG untuk Bangun Budaya Kerja Berkelanjutan

Lingkungan kerja positif jadi kunci BCA dalam memperkuat tata kelola SDM.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
BCA menjadikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai landasan dalam tata kelola sumber daya manusia (SDM). (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
BCA menjadikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai landasan dalam tata kelola sumber daya manusia (SDM). (ilustrasi)

ESGNOW.ID,  JAKARTA — PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjadikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai landasan dalam tata kelola sumber daya manusia (SDM). Strategi ini tidak hanya memperkuat budaya kerja internal, tetapi juga menciptakan keberlanjutan yang terukur dan berdampak nyata bagi karyawan.

Lewat pendekatan Employer Value Proposition, BCA fokus pada dua aspek utama: Friendly Environment (lingkungan kerja yang ramah) dan Continuous Improvement (pengembangan berkelanjutan). Strategi ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap insan BCA memiliki ruang untuk berkembang secara profesional, sekaligus merasa dihargai dan diberdayakan.

Baca Juga

“Kami meyakini bahwa lingkungan kerja yang positif dan inklusif menjadi fondasi utama dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja. Penghargaan ini tentunya semakin memotivasi kami untuk terus menghadirkan program pengembangan SDM yang berkelanjutan, serta mempertahankan kualitas BCA sebagai salah satu tempat terbaik untuk bekerja,” ujar Direktur BCA, Lianawaty Suwono dalam keterangan dikutip Kamis (24/7/2025).

BCA juga menanamkan budaya kerja yang peduli, kolaboratif, dan mendukung keseimbangan hidup karyawan. Kepedulian ini diwujudkan melalui kebijakan yang berorientasi pada kesejahteraan serta sistem kerja yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan.

Efektivitas tata kelola SDM BCA dievaluasi melalui HR Asia Awards yang menggunakan metode survei internal dan analisis data berdasarkan tiga indikator utama: CORE (Collective Organisation for Real Engagement), SELF (Heart, Mind, Soul), dan GROUP (Think, Feel, Do). Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kepuasan dan keterlibatan karyawan BCA melampaui rata-rata perusahaan sejenis di Asia.

“Kepercayaan tersebut merupakan aset berharga yang terus kami jaga dengan memastikan kesejahteraan seluruh karyawan secara berkelanjutan. Karena pelayanan terbaik untuk nasabah lahir dari individu yang merasa dihargai, didukung, dan diberdayakan. Dengan berlandaskan semangat One BCA (One Goal, One Soul, One Joy), kami akan terus membangun budaya kerja yang positif dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis,” kata Liana.

Komitmen ESG dalam tata kelola SDM turut membawa BCA meraih sejumlah penghargaan nasional dan internasional. Dalam ajang Indonesia Human Capital Awards (IHCA) 2025, BCA menyabet empat penghargaan, termasuk Best Company in Human Capital 2025 – Pinnacle Award dan Best Company in Productivity 2025. Di tingkat global, BCA juga diakui dalam ajang Global Council of Corporate Universities (Global CCU) Awards dan Employee Experience Awards Indonesia 2025.

Sebagai hasil nyata dari strategi berkelanjutan ini, BCA kembali meraih dua penghargaan dalam HR Asia Awards 2025: “HR Asia Best Companies to Work for in Asia” dan “HR Asia Most Caring Companies Award”. Predikat tempat kerja terbaik di Asia pun berhasil dipertahankan BCA selama tujuh tahun berturut-turut.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement